Meninggal Dunia Di Bulan Puasa, Ini Mitos Yang Tak Asing Lagi Untuk Kita

Meninggal Dunia Di Bulan Puasa, Ini Mitos Yang Tak Asing Lagi Untuk Kita, banyak orang yang mempunyai keyakinan tentang Mitos meninggal saat Ramadhan, kisah ini kembali menjadi perbincangan setelah beberapa artis Indonesia berpulang di bulan puasa ini, di antaranya adalah Yana Zein dan Julia Perez.

Berikut adalah beberapa Mitos yang banyak tersebar dimasyarakan berkenaan dengan Meninggal Dunia di Bulan Puasa

1. Pasti Khusnul Khotimah

Kematian khusnul khotimah adalah dambaan semua orang Muslim. Khusnul khotimah sendiri artinya adalah penghujung yang baik, dan ketika bisa mendapatkan predikat kematian yang seperti ini, maka jalan ke surga akan lebih dimudahkan. Ada banyak cara untuk mendapatkan kematian istimewa ini, salah satunya adalah bulan Ramadan.

Ya, banyak orang yang percaya jika meninggal di bulan penuh berkah ini maka predikat khusnul khotimah langsung didapatkan. Ada benarnya, tapi tak selalu seperti itu. Jika matinya dalam keadaan beribadah, maka jelas khusnul khotimah. Tapi, jika sebaliknya maka tentu saja tidak. Ramadan memang bulan penuh berkah, tapi jika seseorang mati di bulan ini dengan cara yang jelek, ia tetap mendapatkan akhir yang buruk.

2. Meninggal di Bulan Ramadan Langsung Berbalas Surga

Banyak orang yang beranggapan jika meninggal di bulan Ramadan, maka seseorang tersebut pasti akan langsung masuk surga. Hal ini sendiri didasari oleh sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori. Rasul bersabda, “Apabila bulan Ramadan datang, maka dibukalah pintu-pintu surga dan ditutuplah pintu-pintu negara serta dibelenggulah setan-setan.” Hadis ini sahih, tapi apakah berkorelasi dengan kematian?

Meskipun hadist berkata seperti itu, tapi bukan berarti orang-orang yang meninggal di bulan Ramadan lantas mendapatkan surga. Hadist ini hanya sebagai bukti jika bulan Ramadan itu sangat istimewa di mana pintu-pintu surga hanya dibuka di masa seperti sekarang ini. Surga neraka adalah urusan Allah dan kecuali Rasul semua orang harus melewati dulu banyak fase sebelum ke sana.

3. Meninggal di Bulan Ramadan Tidak Akan Kena Siksa Kubur

Selain predikat khusnul khotimah dan juga jaminan surga, banyak yang percaya jika mati di bulan Ramadan akan mendatangkan satu keistimewaan lain. Ya, bagi mereka yang meninggal di bulan penuh berkah akan dibebaskan dari siksa kubur. Apakah memang seperti itu?

Mungkin terlihat sangat masuk akal ya, mengingat bulan puasa memang sangat istimewa, tapi nyatanya tidak ada satu pun dalil yang menyatakan hal tersebut. Jadi, soal ungkapan yang mengatakan siksa kubur hilang bagi mereka yang meninggal di bulan Ramadan hal tersebut sama sekali tak memiliki dasar alias bisa dibilang tidak benar.

4. Bebas Dari Ancaman Neraka

Ada satu lagi anggapan masyarakat tentang kematian di bulan Ramadan. Hal tersebut adalah tentang bebasnya seseorang dari api neraka ketika meninggal di bulan ini. Kepercayaan ini juga merujuk pada hadis yang mengatakan jika selama Ramadan semua pintu neraka ditutup.